Tapera, Renovasi Rumah Murah

Apa dan Manfaat Tapera?

Tabungan Perumahan Rakyat atau disingkat Tapera adalah sebagai jaminan sosial di Indonesia sesuai dengan amanat undang-undang, yakni menjadi tabungan perumahan karyawan dengan mengedepankan prinsip gotong royong untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Sedangkan untuk sumber dana diperoleh dari pemotongan gaji yakni sebesar 2,5% dan bagi pemberi kerja dibebankan 0,5%. Dengan adanya Tapera, setiap pemberi kerja yakni orang perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan lainnya wajib mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BP Tapera.

Presiden Jokowi atau Joko Widodo sendiri telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat pada 20 Mei 2020 lalu. Dalam PP tersebut dijelaskan, pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sementara Pekerja Mandiri adalah setiap warga negara Indonesia yang bekerja dengan tidak bergantung pada Pemberi Kerja untuk mendapatkan penghasilan.

Di dalam beleid tersebut dijelaskan, mulai tahun 2021, Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sudah bisa mulai memungut iuran untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk tahap berikutnya, badan tersebut juga bakal memungut iuran kepada anggota TNI/Polri serta pegawai swasta dan pekerja mandiri.

Peserta yang mengikuti BP Tapera adalah memiliki penghasilan paling sedikit sebesar upah minimum, seperti tertulis pada pasal 5 PP Tapera. Lalu, bagaimana dengan pekerja mandiri yang berpenghasilan di bawah upah minimum? Mereka tetap dapat menjadi peserta Tapera. Mereka dapat mendaftarkan dirinya sendiri ke BP Tapera.

Tapera memiliki manfaat yakni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan penghasilan maksimal 8 juta dan belum memiliki rumah mengajukan manfaat pembiayaan perumahan dengan bunga murah untuk membeli rumah menggunakan skema KPR. Manfaat pembiayaan ini dapat diajukan setelah satu tahun masa kepesertaan.

Bagi peserta yang sudah memiliki rumah maka manfaat yang didapat adalah penggunaan dana Tapera untuk membiayai renovasi rumah yang sudah dimilikinya tersebut. Selain itu, peserta MBR yang telah memiliki hunian juga berhak untuk mendapatkan manfaat lain berupa pembangunan rumah di lahan milik sendiri. Sementara bagi peserta non-MBR, dapat mengambil simpanan berikut hasil pemupukannya pada akhir masa kepesertaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *